MANFAAT FISIOTERAPI UNTUK ANAK

29/03/2021 By Tiffany

Sebagai orang dewasa, Anda sudah tahu bahwa ada banyak alasan untuk menjadikan fisioterapi sebagai bagian dari rutinitas kesehatan dan kebugaran normal Anda. Tapi bagaimana dengan anggota keluarga lainnya?

Banyak orang tua tidak mempertimbangkan fisioterapi untuk anak-anak mereka. Proses berpikirnya dapat dimengerti, mengingat bahwa makhluk kecil itu tampaknya bangkit kembali dari benturan, memar, keseleo, dan patah tulang yang terjadi di taman bermain atau halaman belakang.

Memang benar bahwa anak-anak sembuh lebih cepat daripada kita orang dewasa, terapi fisik lebih dari sekadar menangani cedera yang umum terjadi pada aktivitas tingkat tinggi mereka. Mari kita cari tahu mengapa Anda harus mempertimbangkan fisioterapi untuk Anda mini di tahun-tahun mendatang.

4 Cara Terapi Fisik Dapat Melayani Kesehatan dan Kesejahteraan Anak Anda Secara Keseluruhan

1. Mereka Tidak Sembuh Seperti Yang Anda Pikirkan

Kembali ke poin tentang penyembuhan anak-anak lebih cepat daripada orang dewasa, perlu dicatat bahwa ini tidak selalu merupakan hal yang baik. Mengapa? Pertama, ada persepsi kesembuhan mengingat rasa sakit telah mereda. Persepsi ini dapat membuat anak Anda kembali berolahraga atau beraktivitas sebelum penyembuhan yang memadai terjadi yang meningkatkan risiko cedera kembali dan penyakit fisik di masa dewasa. Tapi masih ada lagi.

Elastisitas jaringan otot anak sangat bagus untuk mengurangi risiko cedera ringan, namun dapat meningkatkan risiko cedera besar. Misalnya, dislokasi sendi dapat terjadi karena otot tidak berkembang sepenuhnya, menyebabkan sendi terkena volume tekanan yang tidak dapat mereka tangani. Anak Anda mungkin mengalami persendian yang tidak stabil, yang dapat menyebabkan radang sendi dan nyeri persendian yang terus-menerus di masa mendatang.

Selain itu, sesuatu yang sederhana seperti pergelangan kaki yang terkilir (salah satu cedera masa kanak-kanak yang paling umum) juga lebih mungkin menyebabkan avulsi tulang karena ligamen lebih kuat daripada tulang di sekitarnya. Namun keseleo pergelangan kaki terus tidak diobati, dengan orang tua melakukan seperti yang dilakukan orang tua mereka sendiri, membungkus pergelangan kaki dengan perban tensor dengan ciuman di dahi dan beberapa sup mie ayam sebagai boot. Cara berpikir lama ini akan selalu menimbulkan komplikasi fisik saat anak Anda sudah lebih besar. Alih-alih, jadwalkan kunjungan ke fisioterapis untuk memastikan anak Anda dirawat karena cedera yang dideritanya, dan agar mereka tidak kembali ke tingkat aktivitas yang sama sampai mereka mendapat acungan jempol dari seorang profesional yang berkualifikasi.

2. Fisioterapi Dapat Membantu Mengobati Kondisi Fisik yang Lebih Serius

Ini tidak semua tentang mengelola cedera umum masa kanak-kanak dengan lebih baik dan mengembangkan keterampilan motorik yang ditingkatkan. Terapi fisik dapat memberikan dampak positif yang luar biasa pada kehidupan anak-anak yang hidup dengan kondisi yang lebih serius. Karena fisioterapi membantu dalam pengembangan, rehabilitasi, dan peningkatan keterampilan dan kinerja gerakan, fisioterapi sering kali diterapkan pada bayi dan anak-anak yang menderita banyak penyakit, termasuk (tetapi tidak eksklusif pada) hal-hal berikut:

  • Cerebral Palsy
  • Sindrom Down
  • Spina Bifida
  • Hipotonia
  • Gangguan koordinasi perkembangan
  • Kondisi genetik lainnya

Penelitian telah menunjukkan bahwa fisioterapi bahkan dapat membantu gangguan perkembangan saraf seperti autisme. Sederhananya, terapi fisik dapat membantu anak Anda menyadari potensi yang tidak pernah Anda dan mereka anggap mungkin. Jika anak Anda memiliki kondisi yang membatasi kemampuan fisiknya, segera hubungi klinik kami untuk mendiskusikan rencana pengobatan dan terapi yang efektif sesuai kebutuhan mereka.

3. Dapat Membantu Mereka di Sekolah

Apakah anak Anda gelisah dan bergeser di kursi ruang makan saat mengerjakan pekerjaan rumahnya di malam hari? Banyak orang tua menganggap perilaku ini sebagai kegelisahan masa kanak-kanak yang khas, tetapi mungkin ada masalah mendasar lainnya yang berperan. Ketidakaktifan fisik yang dialami saat duduk-duduk di kelas sepanjang hari (istirahat 15 menit tidak menghentikannya) dapat berdampak buruk pada inti mereka dan menyebabkan ketidaknyamanan yang signifikan serta postur duduk yang buruk. Karena tidak ada “rasa sakit” yang nyata untuk dilaporkan, sering kali tidak diobati. Tetapi ketidaknyamanan ini melampaui fisik, dan dapat secara signifikan memengaruhi kinerja kognitif dan mengakibatkan ketidakmampuan untuk berkonsentrasi dan menyelesaikan tugas belajar tepat waktu. Ketidaknyamanan yang sama dan postur tubuh yang buruk juga dapat mengakibatkan kualitas tidur yang buruk yang berdampak langsung dan negatif pada kinerja kognitif, memperparah masalah lebih lanjut.

Di sinilah fisioterapi dapat berperan sebagai solusi. Terapi dan pengobatan fisik dapat memiliki efek langsung dan positif pada gejala terkait ketidakaktifan postural dan fisik di masa muda. Dengan mengembalikan mereka ke keadaan fisik yang nyaman, Anda mengatur meja untuk meningkatkan kinerja di kelas dan di meja ruang makan saat mempelajari aljabar.

4. Memberi Mereka Kesadaran Yang Lebih Besar tentang Diri Fisik Mereka

Seorang fisioterapis dapat lebih membantu anak Anda memahami rasa sakit yang sedang tumbuh yang mereka alami dan akan alami di tahun-tahun mendatang. Anak-anak akan belajar tentang bagaimana tulang, otot, jaringan, tendon, dan ligamen mereka saling berhubungan, dan akan mengembangkan pemahaman yang lebih baik tentang cara kerja tubuh mereka. Dengan memperoleh pengetahuan ini, mereka akan lebih mampu mengidentifikasi cedera berkelanjutan atau penyakit yang mungkin diabaikan oleh orang tua sebagai rasa sakit yang tumbuh. Mereka juga akan mempelajari bentuk yang tepat ketika berpartisipasi dalam aktivitas fisik dan olahraga , yang tidak hanya akan membantu dalam pencegahan cedera, tetapi juga dapat meningkatkan kinerja mereka dengan sangat baik .

Pengetahuan yang mereka peroleh di awal kehidupan akan terbawa melalui masa remaja mereka hingga dewasa muda, dan seterusnya, yang membantu membentuk mereka menjadi warga dunia yang lebih sehat dan lebih bugar secara fisik.

Begitu banyak kurikulum pendidikan difokuskan pada matematika, bahasa, dan keterampilan analitis, namun begitu sedikit perhatian praktis yang diberikan pada wadah yang membawa semuanya – tubuh. Berikan anak Anda kesempatan terbaik dalam kehidupan yang paling sempurna dengan menjadikan fisioterapi sebagai bagian dari kehidupan mereka saat ini.